Selasa, 02 Juli 2019

PRINSIP & FUNGSI DASAR ANIMASI

12 prinsip animasi adalah prinsip yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah animasi yang"hidup" dan terlihat alami tidak hanya asal jadi atau hanya bergerak saja, prinsip itu meliputi dasar-dasar gerak, pengaturan waktu, pengkayaan visual sekaligus teknik pembuatan sebuah animasi.

12 prinsip animasi tersebut adalah

1. Squash & Strech
2. Anticipation
3. Staging
4. Straight Ahead Action and Pose Pose
5. Follow Through and Overlapping Action
6. Slow In and Slow Out
7. Arcs
8. Secondary Action
9. Timming & Spacing
10. Exaggeration
11. Solid Drawing
12. Appeal


Animasi ini menggunakan beberapa prinsip yaitu : 

Secondary Action (Gerakan Pelengkap)
Merupakan gerakan menambah dan memperkaya gerakan utama. Orang yang ada digambar tersebut,menggambarkan tentang perempuan yang sedang berjalan kaki sambil menujukkan sedang membaca surat.. perempuan ini gerakann utamanya adalah melangkahkan kaki, namun sambil berjalan seorang figure sambil membaca surat yang ambil dari kotak pos. gerakan membaca surat disebut secondary action untuk gerakan berjalan. Alasannya: Karena karakter animasi ini merupakan serial kartun yang cocok untuk anak kecil


Follow Through Dan Overlapping Action(Gerakan Penutup Sebelum Benar-Benar Diam)
Merupakan bahwa benda-benda yang saling berhubungan,tidak pernah bergerak bersamaan dan Overlapping action merupakan konsep dimana kedua benda harus benar-benar tersambung sehingga akhirnya bisa bergerak. Di gambar tersebut terlihat seorang kancil dan penguin sedang berlari tetapi yang larinya cepat adalah si penguin mereka berdua sama-sama lari tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan karena si penguin lari lebih cepat dibanding kancil. Kancil ini gerakan utamanya bergerak duluan
dibanding penguin disebut Overlapping Action
Alasannya : supaya penonton terhibur melihat kancil yang susah berlari di salju


https://animazione70.weebly.com/12-prinsip-animasi.html

Jumat, 18 Januari 2019

Sistem Berbasis Pengetahuan (Knowledge Basis System)

Definisi Sistem Berbasis Pengetahuan 

 Sistem Berbasis Pengetahuan diturunkan dari istilah knowledge based expert system. Sistem ini merupakan sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang telah disimpan dalam komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang memerlukan kepakaran seorang ahli (Buliali, dkk., 2007)

Sistem Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar merupakan salah satu cabang dari AI dimana dalam dunia komersial disebut dengan sistem yang dapat secara efektif dan efisien melaksanakan tugas yang tidak terlalu memerlukan pakar. Sistem Berbasis Pengetahuan dikenal juga dengan sistem penasihat, sistem pengetahuan, sistem bantuan kerja cerdas atau sistem operasional (Turban, dkk., 2005).
Sistem Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar adalah  program pemberi advis/nasehat  yang terkomputerisasi yang ditujukan untuk meniru proses reasoning (pertimbangan) dan pengetahuan dari pakar dalam menyelesaikan permasalahan masalah yang lebih spesifik (Irfan Subakti, 2006).
   Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli (Sri Kusumadewi, 2003).
     Sistem Pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk sesuatu kepakaran tertentu yang mendekati kemampuan manusia disalah satu bidang. Sistem Pakar mencoba mencari solusi yang memuaskan sebagaimana yang dilakukan seorang pakar. Selain itu Sistem Pakar juga dapat memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan alasan atas saran atau kesimpulan yang ditemukannya. Bidang ini digunakan lebih banyak daripada penggunaan bidang-bidang Kecerdasan Buatan lainnya. 
   
Sistem Pakar menarik minat yang besar dalam suatu organisasi disebabkan kemampuannya dalam meningkatkan produktifitas dan dalam meningkatkan gugus kerja di berbagai bidang tertentu dimana pakar manusia akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan dan mempertahankan kemampuan itu.

   Sejarah Berbasis Pengetahuan :

Sistem Pakar petama kali dikembangkan oleh komunitas AI (Artificial Intellegence) pada pertengahan tahun 1956. Sistem Pakar yang muncul pertama kali adalah General-purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel dan Simon (Sri Kusumadewi, 2003). GPS dan program-program serupa ini mengalami kegagalan dikarenakan cakupannya yang terlalu luas sehingga terkadang justru meninggalkan pengetahuan-pengetahuan penting yang seharusnya disediakan.
  
Pertengahan tahun 1960-an, terjadi pergantian dari program serba bisa (general-purpose) ke program yang spesialis (special-purpose) dengan dikembangkannya DENDRAL oleh E.Feigenbauh dari Universitas Stanford dan kemudian diikuti oleh MYCIN.
Awal tahun 1980-an, teknologi Sistem Pakar yang mula-mula dibatasi oleh suasana akademis mulai muncul sebagai aplikasi komersial, khususnya XCON, XSEL (dikembangkan dari R-1 pada Digital Equipment Corp.) dan CATS-1 (dikembangkan oleh General Electric).    

Konsep Dasar Sistem Berbasis Pengetahuan :

Konsep dasar sistem pakar mengandung : keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan. keahlian adalah suatu kelebihan penguasaan pengetahuan dibidang tertentu yang duperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman.
      
 Contoh bentuk pengetahuan yang termasuk keahlian adalah :
           - Fakta - fakta pada lingkup permasalahan tertentu         
    - Teori - teori pada lingkup permasalahan tertentu 
    - Strategi-Strategi global untuk menyelesaikan masalah
           - Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan)

Konsep Sistem Pakar adalah menirukan metodologi dan kinerja seorang manusia yang ahli dalam bidang atau domain tertentu yang spesifik. Sistem pakar adalah program pemberian nasehat/program konsultasi yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasuki oleh satu atau banyak pakar kedalam satu domain pengetahuan tertentu. Agar setiap orang biasa memanfaatkannya untuk memecahkan suatu masalah.

Contoh Studi Kasus Sistem Berbasis Pengetahuan : 

Pada penelitian ini dibuat suatu sistem berbasis pengetahuan mengenai diagnosa kerusakan handphone. Sistem ini merupakan suatu sistem dimana seorang pakar dapat mentransfer pengetahuannya dengan bantuan mesin komputer. Sistem ini menggantikan keberadaan seorang pakar untuk mendapatkan sebuah kesimpulan dan solusi dengan cepat dari masalah yang dihadapi khususnya dalam bidang kerusakan handphone. 
Tujuan dari sistem berbasis pengetahuan ini adalah untuk mempermudah kerja dari teknisi handphone dalam memperbaiki kerusakan yang terdapat pada handphone, serta membantu orang awam dalam menentukan kerusakan, karena sebagian gejala, bagian kerusakan, solusi serta video kerusakan sudah terekam dalam basis aturan pada sistem pakar ini. 
Komponen-komponen utama sistem pakar yang digunakan dalam sistem ini antara lain basis pengetahuan (knowledge base), basis data (database), mesin inferensi (inference engine), dan antar muka pemakai (user interface). Teknik inferensi yang digunakan yaitu penalaran maju (forward reasoning). Penalaran maju (forward reasoning) merupakan pelacakan yang memulai penalarannya dari sekumpulan data menuju kesimpulan. 
Dari analisa dan perancangan yang telah dilakukan pada Sistem Berbasis Pengetahuan Kerusakan Handphone beserta alternatif solusinya, maka tahap implementasi dibuat sebuah program aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP dan knowledge disimpan dalam database MySQL. Pada sistem ini dilengkapi dengan menu konsultasi dimana terdapat 2 jawaban yang dapat dipilih untuk setiap gejala yang diajukan. Jawaban tersebut adalah “Ya”, dan “Tidak” Setiap jawaban diatas mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan hasil akhir berupa kesimpulan. Kata kunci : basis pengetahuan, forward reasoning, inference, knowledge, MySQL, PHP, WEB. 

 Refrensi :
http://fajarhariawan.blogspot.com/2016/10/sistem-berbasis-pengetahuan.html 
http://biyann008.blogspot.com/2013/12/sistem-berbasis-pengetahuan.html
http://www.academia.edu/18065749/Konsep

Minggu, 01 Juli 2018

Membuat Aplikasi ATM dengan Visual Basic



Nama Anggota
      Maximillian R. Manalu (14116323)
      RizkyRachmad F. (16116613)
      Stevanus Aditya P. (17116156)
      Thazia Terranova (17116358)


TampilanAplikasi:



1. Tampilan Halaman Login : 






 
     2. Tampilan Menu Utama :






33. TampilanHalaman Deposit :





44. Tampilan Halaman Balance




5
55. Tampilan Halaman Untuk Mengganti Pin :



 



Jumat, 08 Juni 2018

ESSAY

PERTANYAAN :
1. Jelaskan macam-macam layanan manajemen sistem informasi?
Jawab :  
  -  ITIL (Information Technology Infrastructure Library)


Sebuah konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan serta operasi teknologi informasi.
  ASL (Application Service Library)
Kumpulan dari pedoman praktek terbaik tentang pengelolaan, pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. ASL ini adalah sebuah famework untuk proses manajemen aplikasi.
- COBIT (Control Objective For Information and Related Technology)
Digunakan untuk menjalankan penetuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metric, factor kesuksesan dan maturity model.
2. Jelaskan & sebutkan macam - macam teknologi manajemen si, dan beri contoh
jawab : 
Framework diartikan sebagai kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangun aplikasi. Contoh : koneksi ke database, pemanggilan variabel, file, dll.

3. sebutkan & jelaskan strategi desain dalam merancang apk manajemen layanan sistem informasi 
jawab : 
-    Perspektif : Visi untuk menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia
Position : Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.
-      Plan : Rencana bagaimana provider layanan akan meraih visinya.
- Pattern : Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.

4. Perlukah Keamanan untuk manajemen layanan si, beri alasan!
jawab : 
Keamanan dalam menjaga manajemen layanan sistem informasi sangat penting, karena apabila tidak ada keamanan untuk menjaga data yang telah masuk ke dalam databasenya, maka akan ada pencurian data dan pencurian identitas

5. sebutkan macam - macam apk berbasis mobile dan web untuk manajemen layanan SI dan SS dari masing - masing tampilan webnya!
jawab : 
web : 
mobile :









Kamis, 07 Juni 2018

TEKNOLOGI MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOBILE DAN WEB

Hasil gambar untuk lazada
Manajemen Layanan Sistem Informasi (MLSI) berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Dengan kemajuan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat terbukti berperan dalam kegiatan Layanan Sistem Informasi bagi masyarakat. Bahkan mungkin sekarang banyak perusahaan yang bergerak di ruang lingkup internet dan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Dulu mungkin kita kalau ingin membeli barang itu ketemuan sama orang atau ke tokonya langsung, tapi dengan teknologi yang sudah maju sekarang kalian bisa membeli sesuatu lewat HP kalian atau Laptop atau PC. 

Bahkan sekarang-pun ada perusahaan yang mengadalkan bisnisnya lewat website mereka atau aplikasi mereka yang dibuat untuk mobile/hp. Dengan adanya website dan aplikasi ini kita ga perlu lagi tuh pergi ke toko, cuman bermodalkan kuota lalu HP atau PC kalian bisa membeli barang lewat website atau aplikasi yang sudah tersedia. Ini jadi memudahkan orang untuk membeli barang yang diingikan dan tidak capek mencari barangnya dan juga mengefesiensi waktu.

Sebagai contoh Lazada,Tokopedia,JD.ID mereka bertiga ini ada websitenya dan aplikasi HP-nya. Lebih mudah mana sih website dari laptop atau aplikasi HP ? jelas lebih mudah di HP, karena HP bisa dibawa kemana saja, tidak memakan kuota yang banyak dan loading yang cepat. Daripada di website kalian harus ada PC/laptop lalu kuota internet dan loading yang berat dari websitenya.
contoh via mobile access : 
contoh via web access :




  Referensi : http://rivarazmayanti.blogspot.com/2017/06/contoh-teknologi-manajemen-layanan.html

Sabtu, 14 April 2018

STRATEGI & LAYANAN SISTEM INFORMASI



Pada kali ini saya akan membahas tentang desain & strategi layanan sistem infromasi. trategi adalah suatu rancangan untuk membantu suatu organisasi mengalahkan pesaing nya dan strategi bisnis dapat menciptakan peluang baru.  
Didalam strategi ada 4 strategi untuk menjalankannya :
Empat Strategi
- Perspektif: Visi untuk menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.
- Position: Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.
- Plan: Rencana bagaimana provider layanan akan meraih visinya
- Pattern: Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.
Selanjutnya tentang desain layanan sistem infromasi, Desain Layanan merupakan elemen penting dalam proses perubahan bisnis. Peran Desain Layanan dalam proses perubahan bisnis dapat didefinisikan sebagai Desain yang tepat dan inovatif layanan TI, termasuk arsitekturnya, proses, kebijakan dan dokumentasi, untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa depan bisnis yang telah disepakati.

Aspek Utama dari design layanan antara lain :
-    Solusi layanan baru atau perubahan.
-    Sistem manajemen layanan dan perangkatnya, khususnya Portfolio Layanan.
-    Arsitektur teknologi dan sistem manajemen.
-    Proses, peran dan kemampuan.
-    Metode pengukuran dan satuan.

Contoh design interface pada layanan traveloka



                                                           Tampilan awal pada traveloka  

                                                           tampilan setelah memilih bahasa

                                                             
                                                          Tampilan untuk membuat akun
                                                          
                                                       Tampilan untuk mencari tiket pesawat
                                                            tampilan untuk mencari hotel

                                               Tampilan untuk mencari paket tiket pesawat & hotel

                                                              Tampilan mencari tiket BUS


Tampilan untuk aktivitas & rekreasi






refrensi :
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/manajemen-layanan-strategi-layanan-dan.html