MACAM-MACAM MANAJEMEN LAYANAN SISTEM
INFORMASI
Kali ini
saya akan membahas macam- macam layanan sistem informasi. Manajemen Layanan
Sistem Informasi adalah suatu metode yang mengelola Sistem Informasi (SI) dan
secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan Sistem Informasi
terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan Sistem Informasi itu berfokus pada proses dan Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut memiliki peminatan yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma, ERP, dan sebagainya.
Manajemen Layanan Sistem Informasi itu berfokus pada proses dan Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut memiliki peminatan yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma, ERP, dan sebagainya.
Kali ini saya akan membahas salah satu macam-macam dari manajemen layanan sistem informasi
E-Commerce
Ada beberapa jenis e-commerce yang
paling sering dipilih, antara lain:
·
E-Commerce
business to business (B2B0
·
E-Commerce
business to consumer (B2C)
·
E-Commerce
business to consumer (C2C)
\
\
E-Commerce/Electronic Commerce adalah sebuah bisnis modern
yang membahas tentang kebutuhan organisasi bisnis,vendor dan pelanggan untuk
mengurangi biaya dan meningkatkan kulitas barang dan jasa. Di fitur dari E-Commerce ini banyak
kelebihannya loh.
contohnya :
- E-Commerce ini bisa
memakai pembayaran Non Tunai seperti kartu kredit,Kartu Debit,transfer dana
dengan melalui situs bank dan mode pembayaran elektronik lainnya
- E-Commerce ini mampu melayani 24x7 dengan secara otomatis. Disini 24x7 artinya pada 24jam setiap tujuh hari dalam seminggu tidak pernah tutup.
- E-Commerce ini meningkatkan jangkauan iklan produk dan layanan bisnis yang artinya bisa membantu dalam pengelolaan produk/layanan pemasaran yang lebih baik.
- E-Commerce ini bisa meningkatkan penjualan seperti pesanan produk dapat dihasilkan kapan saja dan dimana saja.
- E-Commerce ini juga menyediakan berbagao cara untuk memberikan pra penjualan untuk memberikan layanan baik dengan pelanggan.
- E-Commerce juga mempunyai persediaan barang menjadi otomatis.
- E-Commerce ini juga menyediakan cara untuk berkomunikasi dengan cepat kepada pelanggan.
- E-Commerce ini mampu melayani 24x7 dengan secara otomatis. Disini 24x7 artinya pada 24jam setiap tujuh hari dalam seminggu tidak pernah tutup.
- E-Commerce ini meningkatkan jangkauan iklan produk dan layanan bisnis yang artinya bisa membantu dalam pengelolaan produk/layanan pemasaran yang lebih baik.
- E-Commerce ini bisa meningkatkan penjualan seperti pesanan produk dapat dihasilkan kapan saja dan dimana saja.
- E-Commerce ini juga menyediakan berbagao cara untuk memberikan pra penjualan untuk memberikan layanan baik dengan pelanggan.
- E-Commerce juga mempunyai persediaan barang menjadi otomatis.
- E-Commerce ini juga menyediakan cara untuk berkomunikasi dengan cepat kepada pelanggan.
-
Jika tadi kita telah bahas tentang
kelebihannya, namun di E-Commerce ini juga mempunyai kekurangannya. Kekurangan
di E-Commerce ini ada dengan kesalahan teknis dan non teknis.
Kesalahan teknis pada E-Commerce :
Kesalahan teknis pada E-Commerce :
-
Kekurangan keamanan sistem yang
buruk saat membangun e-commerce
-
Di industry ini pengembangan perangkat
lunak terus berkembang dan terus berubah dengan cepat.
-
Di banyak Negara, bandwidth jaringan
dapat mendapatkan masalah
-
Masih ada masalah software atau
hardware yang tidak kompatibel dengan OS atau browser tertentu.
Kesalahan
non teknis pada E-Commerce :
-
Saat pembuatannya biaya untuk membuat aplikasi
E-Commerce ada penundaan dalam meluncurkan aplikasi E-Commerce
-
Konsumen belum mempercayai adanya
situs E-Commerce sehingga butuh kepercayaan pada setiap produk
-
Sangat sulit untuk memastikan
kemanan atau privasi dalam transaksi online
-
Belum bisa tawar menawar pada saat
berelanja online
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar